Saturday 4 July 2015

Day-17 Berkah Malam 1000 Bulan



Allah SWT. berfirman =

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ  
"Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur'an pada Lailatul Qadr." QS. Al-Qadr : 1

Dalam Syarah Shahih Bukhari, Ibnu Hajar Al-Atsqalani menerangkan perbedaan pendapat para ulama dalam penentuan malam lailatul qadar. Beliau menyebutkan sebanyak 46 pendapat para ulama tentang ini. Memang salah satu pendapat, yaitu di pendapat ke-10, mengatakan bahwa malam lailatul qadar jatuh pada malam ke-17, malam Nuzulul Qur'an, yaitu malam ketika pertama kali turunnya wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Apa sih malam lailatul qadar itu? Mari kita simak firman Allah SWT pada lanjutan ayat di atas tadi (:

"Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril AS dengan izin tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." QS. Al-Qadr : 2-5

Malam Lailatul Qadar adalah satu malam yang penting di bulan Ramadhan dan diartikan sebagai "Malam Kemuliaan". Pada malam ini semua ibadah yang kita lakukan diberi ganjaran pahala yang lebih baik dari seribu bulan atau sekitar 83 tahun lamanya. Lalu para malaikat-malaikat turun ke muka bumi untuk mengatur segala urusan, sehingga disebut juga dengan malam penetapan.

Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad-Dukhon : 4), maksud ayat ini adalah ditetapkannya takdir. Di antara kemuliaan malam tersebut adalah diturunkannya Al Qur’an secara sekaligus ke langit dunia. (Ahkamul Qur’an, 4: 472)
Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah berkata, “Disebut lailatul qadar karena kemuliaan dan keutamaan malam tersebut di sisi Allah. Pada malam tersebut ditetapkan berbagai perkara yang akan terjadi pada satu tahun, yaitu ditetapkan ajal, rezeki, dan berbagai takdir.” (Taisir Al Karimir Rahman, hal. 931)

Jadi gak ada salahnya kan kalau mulai pencarian keberkahan 1000 bulan dari sekarang? :) So let's get ready dan siapkan bekal untuk pencarian lailatul qadr hingga malam terakhir bulan Ramadhan! #RamadhanBerkah



0 komentar:

Post a Comment