Sunday 13 July 2014

#3 Ramadhan - Tips Menjaga Amalan Puasa

Selama Ramadhan, ibadah puasa menjadi ibadah yang memiliki keistimewaan tersendiri.
Puasa wajib secara khusus hanya ada di bulan Ramadhan. Pahala puasa pun secara khusus Allah yang langsung menilainya tanpa perantara siapapun.

Kali ini, Rohis48 punya beberapa tips untuk menjaga amalan puasa kita :


Menjaga Mata, Mulut, dan Telinga
Biar puasa kita ga sia-sia, kita harus jaga mata, mulut, dan telinga kita dari hal-hal yang dilarang Allah swt. Dengan terbiasa menjaga mata, mulut, dan telinga selama puasa Ramadhan juga bisa membuat kita terbiasa menjaganya selama 11 bulan kedepan ^^ 

Memelihara Seluruh Anggota Badan
Selain mata, mulut, dan telinga, kita juga harus menjaga anggota badan lain, misalnya tangan dan kaki dari berbuat yang tidak baik. Kalau pun mesti bermain tangan dan kaki (read:main kasar) sebaiknya ditunda dulu, atau sebisa mungkin dibatalkan :) Latihan sabar, okey? :')

Sederhana Ketika Berbuka Puasa
Berbukalah dengan yang sederhana. Kalo terlalu banyak makanan pas buka kasian kitanya sendiri, tubuh kita yang awalnya tidak mencerna makanan, sekali mencerna langsung banyak, bebannya jadi bertambah berat, ini tentu kurang baik bagi kesehatan pencernaan kita. Selain itu terlalu banyak makan bisa membuat kita malas untuk beribadah, jadinya nanti bisa ngga dapet sholat tarawih loh :o

Senantiasa Ikhlas Mengharap Ampunan-Nya
Ramadhan ini salah satu waktu yang mustajab untuk berdo'a, jadi berdo'alah kepada Allah, mohon ampun kepada-Nya, sebanyak dan seikhlas mungkin! Mudah-mudahan Allah ijabah do'a kita, dan Dia berikan ampunan-Nya kepada kita atas dosa-dosa kita yang telah lalu.

Tetap semangat yaa menjalani ibadah puasa ini :)

0 komentar:

Post a Comment