Sunday 3 August 2014

4 Tipe Wanita Dalam Al-Qur'an

Al-Qur’an menjelaskan 4 (empat) tipe wanita :

Wanita dengan kepribadian kuat
Tipe ini diwakili oleh Siti Asiyah, istri Fir’aun. Walaupun berada dalam “cengkeraman” Fir’aun, ia tetap teguh menjaga aqidah dan harga dirinya sebagai seorang muslimah. Allah Swt., mengabadikan doanya dalam Al-Qur’an, “Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang zalim.” (Q.S.At-Tahrim :11)

Wanita yang berusaha menjaga kesucian dirinya
Tipe kedua ini diwakili oleh Maryam. Dalam surat Maryam ayat 20 disebutkan bahwa Maryam adalah seorang wanita suci yang tidak pernah disentuh seorang lelaki pun. Karena keutamaan inilah, Allah Swt. berkenan mengabadikan namanya menjadi nama salah satu surat dalam Al-Qur’an dan menjadikannya Ibu dari seorang nabi yang agung.

Wanita penghasut, penebar fitnah, penggemar gossip, dan sangat buruk hatinya
Ia adalah Ummu Jamil binti Harb, istrinya Abu Lahab. Al-Qur’an menjuluki wanita ini sebagai “pembawa kayu bakar” atau wanita penyebar fitnah dan permusuhan. Allah Swt. berfirman, “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa dan demikian pula istrinya, pembawa kayu bakar yang dilehernya ada tali dari sabut.” (Q.S. Al-Lahab : 1-5) Ia pun dikenal sebagai “sekutu terbaik” Abu Lahab untuk menghambar dakwah Islam.

Wanita penggoda
Tipe ini diperankan oleh Siti Zulaikha sebelum ia menjadi wanita baik (taubat). Petualangan Zulaikha dalam menggoda Yusuf, dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 23, “Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya, menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu seraya berkata, “Marilah ke sini”.


Semoga kita tergolong sebagai Muslimah yang memiliki akhlaqul karimah dan yang memiliki ketakwaan, ketaatan, serta tawakal kepada Allah Swt. Insyaa Allah. Wallahu’alam bisshowwab.

0 komentar:

Post a Comment